Persiapkan Hal Berikut Ini Ketika Musim Hujan Tiba

Persiapkan Hal Berikut Ini Ketika Musim Hujan Tiba

Tinggal di Indonesia, berarti Anda harus selalu siaga apabila hujan datang tiba-tiba, tanpa dikira-dikira. Dengan kondisi atmosfer bumi yang semakin memburuk setiap harinya, periode musim panas dan hujan di Indonesia menjadi semakin sulit untuk dipetakan. Terkadang dua dalam seminggu tiga hari suhu rata-rata seluruh negeri adalah setinggi 33 derajat, namun empat hari lainnya nusantara ditemani hujan dengan intensitas tinggi, dengan temperatur udara yang turun drastis dari hari kemarin.

Cuaca yang tidak menentu seperti ini membuat setiap orang di Indonesia harus siap sedia apabila hujan datang dengan tiba-tiba. Persiapan ini menyangkut juga di dalamnya mempersiapkan rumah yang dapat melindungi Anda dalam segala jenis cuaca. Beberapa masalah kecil pada rumah yang sebenarnya tidak terlalu kentara ternyata bisa memainkan peran penting dalam mengganggu kenyamanan Anda berada di rumah ketika hujan melanda. Untuk memastikan rumah Anda telah siap melindungi Anda sekeluarga ketika hujan deras tiba, ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan.

1. Atap
hal pertama yang perlu Anda persiapkan dengan baik adalah kondisi atap rumah Anda. Pastikan tidak ada genteng rumah yang patah atau rusak. Jika ada, segera ganti genteng rumah Anda dengan yang baru sehingga ketika musim penghujan benar-benar datang, tidak ada kebocoran di dalam rumah yang disebabkan oleh rusaknya genteng atap.

Letaknya atap yang tidak mudah dijangkau memang akan menyulitkan Anda menginspeksi, dan mengetahui dengan jeli bagian mana yang membutuhkan penggantian. Pekerjaan ini jika tidak dilakukan dengan hati-hati juga beresiko mencederai Anda, karena ketika sedang memeriksa, Anda bisa saja terpeleset dan jatuh ke tanah. Baiknya, serahkan pekerjaan ini pada ahlinya karena tenaga ahli tentu akan lebih dapat mendeteksi kerusakan, dan tahu bagaimana menyelesaikan berbagai masalah yang ada pada atap, bahkan kerusakan sekecil apapun.

2. Pipa pralon
Sama pentingnya dengan kondisi atap yang baik, pipa plafon juga perlu dipersiapkan dengan sebaik mungkin sebelum memasuki musim penghujan. Pastikan tidak ada benda yang menyumbat pipa pralon, seperti dedaunan kering, dan juga tidak ada kebocoran pada pipa sehingga pralon dapat bekerja dengan semestinya untuk menyalurkan air ke saluran pembuangan. Air hujan yang bocor melalui lubang-lubang halus pada pipa pralon dapat menggenangi area depan atau teras rumah.

3. Plafon dan dinding
Selain memeriksa kerusakan yang ada pada bagian luar rumah yaitu genteng, hal selanjutnya yang juga perlu untuk Anda lakukan sebelum musim hujan adalah melakukan tindakan preventif dari bagian dalam rumah, yaitu pada plafon dan dinding rumah. Ketahui di mana bagian dinding yang mengalami keretakan, dan segera lapisi bagian tersebut dengan cat anti air sehingga air dari luar tidak dapat merembes ke dalam rumah.

Begitu juga dengan plafon. Meskipun Anda telah membetulkan genteng, tidak ada salahnya Anda juga melapisi bagian plafon dengan cat anti air. Hal ini perlu dilakukan untuk menambah upaya preventif agar rumah terbebas dari ancaman kebocoran.

4. Pintu dan jendela
Walaupun terkesan sederhana, Anda juga perlu mengecek keadaan pintu dan jendela rumah Anda. Pastikan engsel dan kenop pintu dan jendela Anda dapat menutup sempurna sehingga tidak akan mudah terbuka ketika turun hujan disertai angin kencang. Periksa juga apakah ada keretakan pada kaca jendela. Jika ada, segera perbaiki dengan menggantinya dengan yang baru.

Itulah bagian rumah yang perlu Anda persiapkan dengan baik sebelum menyambut musim penghujan. Jangan ragu memanggil tenaga ahli jika Anda memerlukan bantuan untuk mempersiapkan segalanya. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Persiapkan Hal Berikut Ini Ketika Musim Hujan Tiba"

Posting Komentar